Menu
Menu

Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa Pasca Sarjana

Bagi Anda yang ingin mendaftar untuk sekolah S2 di luar negeri, motivation letter berupa essay adalah salah satu dokumen yang disyaratkan oleh instansi perguruan tinggi yang Anda pilih. Apalagi jika Anda mendaftar untuk program beasiswa yang ditawarkan bagi pendaftar program pasca sarjana. Dari sekian banyak pelamar tentu perguruan tinggi pilihan Anda hanya memiliki kursi yang terbatas untuk diberikan kepada pelamar yang memiliki motivasi tinggi sebagai penerima beasiswa. Oleh karena itu motivation letter memegang peranan yang sangat penting bagi komite beasiswa untuk memilih mana penerima yang pantas untuk mendapatkan kesempatan tersebut. Beberapa kunci penting dalam membuat motivation letter untuk program master adalah sebagai berikut.

Mengenal instansi dan program masternya

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perguruan tinggi dan juga program master yang Anda lamar. Mulai dari sejarahnya, filosofinya, fokus studi dan juga penelitian-penelitan yang sudah, sedang atau akan dilakukan, ekspektasi dan juga kualifikasi yang dicari untuk para kandidat yang ingin melamar program master. Hal ini nantinya bisa jadi poin penting untuk dihubungkan pada minat Anda tentang bidang studi yang ingin diambil untuk program master.

Buat kerangka suratnya

Ketika membuat motivation letter nanti mungkin Anda akan teralihkan dengan banyaknya hal yang ingin Anda tuangkan pada surat sehingga berisiko surat yang menjadi terlalu panjang, membosankan, bahkan tidak relevan. Oleh karena itu sebelum membuat surat, buat dulu kerangkanya dengan menulis poin penting apa yang ingin Anda sampaikan kepada komite. Misalnya kerangka seperti berikut:

–       Ringkasan pendek mengenai isi motivation letter

–       Mengapa perguruan tinggi dan program master tersebut menarik bagi Anda

–       Fokus pada kualifikasi terbaik Anda, pengalaman di masa lalu, penelitian yang pernah dilakukan atau pernah terlibat di dalamnya, dan berbagai macam kualitas lainnya yang berhubungan dengan program

–       Beri kesimpulan dengan menyatakan kembali motivasi Anda dan ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk menulis surat.

Original dan personal

Ingatlah bahwa motivation letter adalah surat yang personal yang menggambarkan diri Anda sebagai manusia dengan karakter dan kepribadian. Surat ini adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi kualifikasi dan lebih dibandingkan pelamar lainnya. Anda boleh melihat motivation letter orang lain untuk contoh namun jangan di-copy karena tentunya Anda ingin dinilai sebagai diri Anda sendiri bukan dari tulisan orang lain  yang belum tentu surat tersebut punya kualitas untuk tembus.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *