Menu
Menu

Tahap Awal untuk Usaha Jasa Video Animasi

Dalam memulai suatu usaha tidak semuanya membutuhkan modal uang. Meskipun ada yang membutuhkan uang namun tidak selalu uang pribadi. Ada beberapa tahap awal yang harus dilakukan saat membuka usaha jasa video animasi.

1 Menentukan Target Pasar

Target pasar adalah hal utama yang harus dilakukan karena jika Anda tidak memiliki target pasar maka tidak ada yang akan menggunakan jasa Anda. Segmentasi pasar atau bisa disebut juga target pasar merupakan hal yang penting dengan didasari beberapa faktor yakni letak geografis, demografis (usia, pendidikan, jenis kelamain dan sebagainya) segmen psikografi dan juga perilaku.

Intinya adalah segmen pasar ini merupakan pemilihan secara tepat siapa yang akan menggunakan jasa Anda sehingga berdampak pada efektivitas ketika melakukan promosi dan menjalankan bisnis pelayanan jasa Anda.

2 Membentuk Sebuah Tim

Poin ini jelas untuk memperkuat kinerja sebuah usaha. Meskipun melakukan dokumentasi suatu event dapat dilakukan sendiri-sendiri, namun ada baiknya untuk bekerja bersama tim Anda. Tim produksi, tim editing dan tim pengelola usaha. Pilihlah beberapa orang yang disatukan dalam satu tim dan dengan keahlian yang sesuai dengan bidangnya.

Sederhananya, tim inti produksi video animasi shooting ini terdiri dari 3 orang yang merupakan kameramen, lighting dan editor video. Kerja tim memang sudah seharusnya menghasilkan karya dengan kualitas tinggi, maka jangan ragu untuk membagi kerja bersama rekan Anda.

3 Mempersiapkan Peralatan

Sebuah studio foto dan video tentu memerlukan peralatan yang lengkap guna menunjang hasil karya yang memuaskan bagi klien. Peralatan yang lengkap dan memadai membutuhkan biaya yang lumayan besar. Untuk itu disarankan bagi Anda untuk membeli peralatan sesuai dengan yang dibutuhkan segmen pasar. Namun, jika Anda memiliki modal uang pas-pasan ada baiknya untuk membuat prioritas belanja, sedangkan untuk segala bentuk kekurangan alat bisa menyewa di tempat yang menyediakan persewaan peralatan shooting. Nantinya setelah uang memadai, barulah Anda membeli peralatan sendiri.

4 Promosi Via Media Sosial

Lakukanlah promosi di setiap media social agar banyak pihak yang mengetahui bahwa Anda menyediakan jasa video animasi baik untuk wedding dan acara lainnya. Manfaatkan juga orang-orang terdekat yang memiliki banyak teman di social media. Promosi melalui media social itu gratis tanpa bayaran, jadi manfaatkan sebaik mungkin. Perhatikanlah waktu yang tepat saat berpromosi di media sosial.

5 Pelayanan Optimal

Pelanggan akan menyukai studio yang melayani dengan pelayanan terbaik dan maksimal. Hargai pelanggan karena dari merekalah usaha jasa video Anda bisa berkembang dan berjalan baik. Awalnya Anda dapat memberikan pelayanan berupa video yang berkualitas, pengerjaan yang tepat waktu dan sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mengadakan promo bagi pelanggan tetap dalam sekali waktu sebagai bentuk syukur.

Sekian ulasan mengenai tahap awal yang harus dilakukan saat membuka usaha jasa video animasi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *