Menu
Menu

Yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Memasang Baja Ringan Untuk Atap

Sebagai bagian yang berfungsi melindungi bangunan dari terpaan panas, hujan, dan cuaca ekstrim, atap mesti dipasang dengan fondasi dan rangka terkuat. Material baja ringan sudah terbukti ketangguhan dan kekokohannya ditambah pemasangannya mudah sehingga akan menghemat durasi. Sebelum mengeksekusi proses pemasangan konstruksi baja ringan untuk atap, perencanaan wajib dimatangkan berdasarkan sejumlah faktor penting yaitu model atap, jenis penutup atap, kualitas baja ringan, dan sistem penguat sambungan.

Model Atap

Model atap seperti apa yang dikehendaki pemilik bangunan, hal inilah yang wajib dimatangkan konsep dan rancangannya. Salah satu keunggulan baja ringan untuk atap adalah mudah disesuaikan dengan setiap jenis variasi modal atap sesuai selera. Tapi beban yang akan ditumpu konstruksi atap ini jangan sampai terabaikan. Untuk itulah selisih kerenggangan antar baja ringan jangan sampai terlalu panjang. Jarak maksimal kerenggangan yang disarankan kira-kira 150 cm. Patokan itu memungkinkan kesempurnaan daya topan beban.

Jenis Penutup Atap

Konstruksi baja ringan untuk atap dapat dipasangi berbagai jenis atap seperti beton, kaca, asbes, hingga keramik. Makin berat bobot penutup atap ini, jumlah konstruksi baja ringan harus semakin banyak. Oleh karena itu, konstruksi atap baja ringan tidak mungkin dirancang terpisah dari jenis penutup atapnya.

Kualitas Baja Ringan Untuk Atap

Baja ringan bisa dilihat kualitasnya berdasarkan nilai tegangan tarikan. Nilai standar tegangan tarikan ini sekitar 550 Mpa. Kualitas baja ringan untuk atap ini juga diukur dari nilai SAE sebesar 980 dan lapisan anti korosi. Penggunaan lapisan baja ringan dibedakan dua jenis yakni yang memakai galvanis (zinc) dan lapisan aluminium zinc atau galvalum. Jenis yang pertama mampu bertahan dengan adukan semen dan harganya lebih murah dibandingkan galvalum. Sebaliknya, lapisan galvalum tidak cocok dengan campuran semen, namun punya data tahan korosif lebih kuat terutama dengan air garam.

Sistem Penguat Sambungan

Bobotnya yang ringan memudahkan instalasi ke berbagai jenis model atap. Namun sifat tersebut mengandung konsekuensi harus disambungkan secara tepat. Jika sistem penyangga atau sambungannya kurang bagus, konstruksi bisa melengkung atau roboh. Oleh karena itu, jika membeli baja ringan untuk atap harus sekalian dengan bracing atau batang penyangga sesuai kebutuhan instalasi konstruksi.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *