Menu
Menu

Tips Merawat Rangka Atap Baja Ringan

Bahan distributor baja ringan mulai banyak dilirik orang untuk membuat rangka atap bangunannya. Bergesernya pilihan dari penggunaan rangka atap kayu menjadi rangka atap yang terbuat dari bahan baja ringan tidak lain dan tidak bukan karena berbagai keuntungan yang dimiliki oleh baja ringan apabila dibandingkan dengan kayu.

Rangka atap baja ringan terbukti tidak akan lapuk, tidak mudah terbakar, dan bahkan mampu menahan tekanan sampai kapasitas 240 – 370 Mpa. Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh baja ringan tersebut tidak serta merta membuatnya menjadi tanpa kekurangan. Baja ringan ini memiliki kekurangan yaitu timbulnya korosi.

Masalah korosi yang mungkin akan timbul pada rangka atap yang terbuat dari bahan baja ringan yang hendak Anda pasang sudah selayaknya menjadi perhatian yang harus Anda pikirkan solusinya sebelum hal tersebut akhirnya menimbulkan kerugian yang lebih besar. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, mungkin artikel ini dapat dijadikan referensi yang bisa Anda baca sebab kami akan membahas mengenai tips merawat rangka atap distributor baja ringan. Berikut pemaparannya :

  1. Distributor baja ringan sebenarnya memiliki lapisan anti karat, akan tetapi lapisan tersebut bisa saja tergores maupun terkelupas. Apabila hal tersebut terjadi, maka korosi tak dapat dihindarkan lagi. Jadi upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya goresan tersebut, Anda dapat melapisi ulang atap baja ringan itu dengan cara mengecatnya.
  2. Hindarkan rangka atap baja ringan yang hendak Anda pasang sejauh mungkin dari air semen. Hal tersebut dikarenakan air semen yang mengenai baja ringan akan merusak kandungan zinc yang merupakan zat pelapis untuk melindungi baja ringan itu sendiri.
  3. Usahakan untuk menyimpan rangka atap baja ringan yang hendak Anda pasang/ gunakan ke dalam ruangan yang tertutup. Ini dimaksudkan untuk menghindarkan baja ringan dari terpaan panas matahari dan juga hujan. Panasnya terik matahari serta hujan rentan membuat baja ringan mengalami korosi.
  4. Jauhkan rangka atap baja ringan Anda dari larutan yang bersifat asam. Larutan asam ini biasanya terkandung di dalam cairan produk pembersih lantai serta pembersih keramik. Oleh karena itu, simpan cairan-cairan pembersih tersebut di tempat yang aman dan jauh dari baja ringan.

Demikianlah ulasan terkait perawatan rangka atap distributor baja ringan menurut versi penulis. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pembaca sekalian.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *