Menu
Menu

Berbagai Pilihan untuk Mendaftarkan Perizinan Skincare Anda pada BPOM

Setiap produk kosmetik, termasuk perawatan pribadi dan peralatan mandi, yang diimpor ke dan dijual di Indonesia harus didaftarkan terlebih dahulu untuk memiliki perizinan skincare. Registrasi produk kosmetik diatur oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Nasional, juga dikenal sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Berbeda dengan pendaftaran makanan dan minuman, misalnya, di mana Anda dapat mendaftarkan produk dengan perbedaan dalam kemasan, desain, pabrik, dll. Dalam satu pendaftaran, BPOM mengharuskan Anda untuk mendaftarkan setiap variasi produk kosmetik sebagai barang yang terpisah.

Karena itu, jika Anda ingin mengimpor merek lipstik yang memiliki warna merah muda, merah, dan cokelat, Anda harus mendaftarkan masing-masingnya sebagai item yang terpisah. Secara alami, ini berarti ratusan pendaftaran terpisah dan banyak dokumen untuk merek kosmetik yang lebih besar. Sebagaimana diatur oleh BPOM, hanya badan hukum yang didirikan berdasarkan Undang-Undang Indonesia yang dapat mendaftarkan produk kosmetik di Indonesia. Mereka juga membutuhkan lisensi impor agar dapat membawa produk melalui bea cukai Indonesia. Karena itu, kecuali jika Anda sudah memiliki perseroan terbatas di Indonesia, Anda harus terlebih dahulu memilih strategi masuk pasar yang cocok.

Ada tiga opsi untuk mendaftarkan produk kosmetik di Indonesia agar dapat memiliki perizinan skincare:

Mendirikan perusahaan milik asing di Indonesia

Karena produsen kosmetik yang berbasis di Indonesia dengan lisensi yang valid dapat mendaftarkan produk kosmetik di Indonesia, opsi pertama adalah mendirikan perusahaan milik asing (PT PMA) di Indonesia dan memperoleh lisensi yang relevan.

Kepemilikan asing maksimum yang diizinkan tergantung pada klasifikasi bisnis Anda. Sebagai contoh, investor asing dapat mendirikan 100% perusahaan ekspor-impor milik asing di Indonesia. Namun, untuk distribusi, Anda memerlukan mitra lokal. Jika Anda belum memiliki mitra seperti itu, Emerhub dapat membantu Anda.

Mendirikan perusahaan nominasi di Indonesia

Opsi kedua adalah mendaftarkan perusahaan calon dengan surat penunjukan dari Kepala Sekolah. Yang membedakan perusahaan calon dari PT PMA adalah bahwa mereka didirikan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan untuk perusahaan lokal. Ketika Anda membeli saham melalui perjanjian pinjaman antara calon dan Anda, mereka dijaminkan kembali kepada Anda untuk kontrol penuh.

Emerhub sebagai pemegang produk nominee Anda

Namun, jika bisnis Anda tidak di Indonesia dan tidak ingin mendirikan badan hukum di sini, Anda juga dapat mendaftarkan produk Anda melalui penyedia jasa lisensi. Penyedia jasa ini sendiri akan memberi Anda lisensi kami dan bertindak sebagai pemegang produk nominee Anda sehingga produk Anda memiliki perizinan skincare

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *